Minggu, 25 Desember 2011

Komik Djoni Andrean



Akhir-akhir ini aku jadi sering memperhatikan komik-komik karya sang maestro komik Spiderman ala Indonesia, Djoni Andrean.
Kenapa baru sekarang ini aku terkagum-kagum sama karya-karya beliau ya.... ?
Mungkin dulu waktu remaja..- eyaalaaaahhhh remaja...!!! hehehe...!! -. mungkin dulu terlalu maniak pada figur Gundala dan Godam, hingga menutup pikiran untuk mengagumi tokoh superhero lain... Dan Komik karya Om Djoni ( panggil Om ah... biar akrab... :-)) waktu itu setahuku kebetulan jarang di dalamnya ada cross over dengan kedua tokoh super hero pujaanku itu, makanya jarang aku baca Komik serial Lamaut, Spiderman atau Walet Merah,...yang merupakan karya-karya beliau. Yah tentu saja keculai Spiderman Vs Godam.
kefanaitkanku waktu itu berakibat juga pada saat baca komik superhero lain, berharap di dalamnya muncul juga Gundala atau Godam. Hingga akhirnya aku lebih mengakrabi tokoh-tokoh Tira, Rado, Untara, Bantala dan Lamerah dibanding Lamaut CS, karena di dalam komik-komik serial tokoh-tokoh itu relatif sering pula dimunculkan karakternya hero rekaan Om Hasmi dan Om Wid NS



Ternyata di akhir-akhir ini beberapa kali, agak sering boleh dibilang, pada saat berburu ke lapak-lapak, dapat komik karya Om Djoni.... Tadinya kalau dapat biasanya langsung kulepas, alias dijual atau buat barter ke temen-temen. Namun pada liburan kali ini dapatnya Komik Om Djoni cukup lumayan banyak, akhirnya mulai kubaca, kunikmati.... kubuka halaman-halamannya dengan penuh seksama (wuiihh serius niiiihhh)....
Ternyata... oh ternyata.....(sambil nyanyi...) aku baru menyadari bahwa coretan-coretan gambar pada panel-panelnya sungguh memukau .... Sempurna !!!
bukan merek rokok lho !



Emmmhhh.....! Rugi benar dulu aku jarang baca seri-serinya Lamaut, Spiderman - nya beliau.
Aku ingat....Beberapa hal memang ada penyebabnya kenapa waktu kecil dulu aku kurang begitu menyukai karya beliau. Pertama karena aku berpendapat tokohnya sangat, bahkan terlalu mirip atau aku anggap jiplakan tokoh aslinya Spiderman di Marvel comics..... (hehehe... meski masih kecil aku dah idealis kayanya waktu itu.... ). Kedua, waktu itu ada rasa jengah, malu-malau dan takut-takut baca komiknya Spidermannya Om Djoni, karena kadang-kadang gambarnya sedikit syuuur.... hehehehe.... maksudnya ketika ada gambar tokoh wanita dengan kostumya.... wah seksi buaangeeeeetz.....!!! Lain lagi sekarang... malah mengejar , hehehehehe.....!.

Di beberapa gambar yang kusertakan ini dapat dilihat betapa teknik inker-nya sangat halus, naturalis banget. penggambaran postur tubuh dengan lipatan-lipatan pakaian ... wuih kereeeenn abiiisss.....



Gb. Hot page Karya Djoni Andrean.

Juga baru kuketahui di karyanya ternyata juga Om Djoni menggambar kembali beberapa serial Hero luar kaya Fantastic Four-nya Marvel, Wuah....!!! disini lebih kelihatan lagi, betapa piawainya beliau menggambarkan karakter-karakter Hero Amrik itu, Kaya personilnya F4, Silver Surver, Thor, Iron Man... bahkan tokoh antagonis macam Galactus lawan si Peselancar Perak, begitu halus dan tampak nyatanya di tangan Om Djoni.... ck ck ck....!.Tadinya koleksi ini mau kulepas ... ah, nggak jadi aja ah!... karena kurasa sangatlah berharganya bagi saksi sejarah....


















Dan misal aja, jika kita bandingkan dengan salah satu penggambar aslinya, kaya john Buscema, saya pribadi tetap lebih mengacungi jempol untuk goresan Om Djoni Andrean. Coba kita lihat contoh gambar karya keduanya, jelas menurutku Om Djoni lebih halus dan sempurna dibanding coretan John Buscema dalam menggambarkan karakter hero-hero Amrik itu ..... hal ini bisa dilihat dengan jelas pada adegan-2 perkelahian, mimik wajahnya, serta detail suasana baik back ground maupun arsiran kostum hero - hero itu















Gb. 2 panel Karya John Buscema

Selanjutnya, ternyata ku baru tahu juga... (wah kayanya "ndeso" bener nih aku....) Djoni Andrean juga sempat menggambar ulang, mengkomikan tokoh hero rekaan Jon Lo, Puri Bintang. Tanpa mengecilkan arti Jon Lo, Putri Bintang hasil goresan Om Djon jadi kelihatan lebih cantik, seksi, anggun sekaligus lebih hidup.... Rasanya jadi pengin banget koleksi komik Putri Bintang gambaran Om Djoni,.... sayang aku baru dapat 1 aja komik karya pertama gambar ulang Putri Bintang olehnya.




















Para temen penggemar komik Indonesia yang aku hormati dan kucintai di multiply ini,.... tentu lebih banyak mengetahui tentang Putri Bintang, Lamaut, Walet Merah ataupun Spiderman-nya Djoni Andrean,.... tentu bisa nambahin ilmu buat saya tentang komik-komik itu, maka mohon share-nya.

Tulisan ini sekali lagi tentu bukan hanya sekedar sebagai rasa hormat dan penghargaan yang besar untuk Djoni Andrean, tapi juga sebagai pengingat, pelestarian karya,.... juga syukur-syukur bisa ikut menambah semangat meramaikan kembali dunia Komik Indonesia....


Hidup Komik Indonesia ! Salam Komik Nusantara !









Tidak ada komentar: